Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan

Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan
Judul lagu : Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan

lihat juga


Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan



Mekanisme Kerja, Struktur, Badan-badan Liga Bangsa - Bangsa


Mekanisme Kerja Liga Bangsa bangsa – Salam Berbagi Pengetahuan!!! Kali ini kami akan berbagi mengenai Liga Bangsa-bangsa, dalam pembahasan ini kita akan mengulas mengenai latar belakang / sejarah berdirinya liga bangsa-bangsa, mekanisme kerja liga bangsa-bangsa, struktur dari liga bangsa-bangsa, badan-badan liga bangsa-bangsa, tujuan serta prinsip LBB, dan berakhirnya liga bangsa-bangsa.
Yuk kita simak pembahasannya:

Sejarah Berdirinya Liga Bangsa bangsa
Liga Bangsa-Bangsa (LBB-League of Nations) didirikan sebagai hasil dari perjanjian Versailes. Setelah  Jerman dan pendukungnya menyerah kepada sekutu pada November 1918 yang menandakan berakhirnya Perang Dunia I. Negara-negara pemenang perang menyelenggarakan konferensi di Paris pada 28 Juni 1919.  Konferensi tersebut dihadiri oleh 70 delegasi yang mewakili 27 negara pemenang.
     Perjanjian Paris yang ditandatangan di Versailles (Perjanjian Versailles) tersebut merupakan kunci bagi terciptanya perdamaian. Para delegasi menaruh harapan yang besar pada konferensi tersebut untuk menciptakan perdamaian dunia. Harapan-harapan tersebut sesuai dengan gagasan Presiden Amerika Serikat, Woodrow Wilson yang telah diucapkan pada 8 Januari 1918. Pada bulan ini, Wilson mengajukan empat belas usulan (Wilson Fourteen Point) yang isinya antara lain sebagai berikut:
1. Diplomasi rahasia tidak diperbolehkan
2. Pengurangan persenjataan
3. Bangsa-bangsa diberikan hak untuk menentukan nasib sendiri
4. Pembentukan Liga Bangsa-Bangsa
    Dari keempat belas usulan tersebut yang dapat terlaksana hanya Liga Bangsa-Bangsa. Sedangkan yang lainnya meskipun disetujui, tetapi tidak ada yang terlaksana. Adapun tujuan Liga Bangsa-Bangsa adalah:
1. Menjamin perdamaian dunia
2. Melenyapkan perang
3. Diplomasi terbuka
4. Mentaati hukum dan perjanjian internasional

Mekanisme Kerja
Dalam mengatur keuangannya, majelis umum LBB memiliki enam komite, di mana komite kelimalah yang memiliki wewenang untuk mengatur anggaran dan keuangan. Komite ini melakukan drafting yang diajukan ke majelis umum, kemudian disepakati oleh anggota dari LBB. Setelah disepakati, maka anggota LBB harus membayar sejumlah yang disepakati.

Struktur Organisasi
Organ Inti dari LBB yaitu:
Dewan Keamanan Anggota yang terdiri atas empat anggota permanen, yaitu Inggris, Perancis, Italia dan Jepang.
Sekertaris bertugas untuk menyiapkan agenda dan mengumumkan laporan pertemuan.
Majelis Umum, majelis yang melakukan pertemuan setahun sekali, anggotanya adalah perwakilan dari negara anggota dan pergantiannya tiga tahun sekali.

Tujuan Liga Bangsa - Bangsa
Tujuan Pembentukan LBB Liga Bangsa-Bangsa beranggotakan 28 negara sekutu dan 14 negara netral. Tujuan pembentukan LBB pada waktu itu adalah untuk:
1. Memelihara perdamaian dan keamanan dunia.
2. Memajukan dan memelihara hubungan persahabatan antarbangsa dan negara.
3. Menegakkan hukum serta berusaha agar perjanjian antarbangsa dipatuhi.
4. Memajukan dan memelihara kerjasama internasional di bidang ekonomi, sosial, pendidikan, dan kebudayaan.

Prinsip Liga Bangsa - Bangsa (LBB)
Dua prinsip dasar LBB untuk mengelola sistem perdamaian LBB adalah :
1. Negara-negara anggota sepakat untuk menghormati dan menjaga integritas teritorial dan kemerdekaan negara lain.
2. Perang dan ancaman perang merupakan ancaman bagi semua anggota LBB.  Negara-negara Liga yang terlibat sengketa namun  tidak bisa melakukan negosiasi,  mereka sepakat untuk menyerahkan sengketa ke arbitrasi, penyelesaian hukum  pengadilan atau meminta pertimbangan Dewan Liga. Para pihak setuju untuk tidak mengambil langkah perang apapun alasannya sampai setidaknya dalam 3 bulan berikut dalam hearing (penyelesaian) masalah dicarikan solusi konstruktifnya.

BADAN BADAN LIGA BANGSA-BANGSA
Liga Bangsa-Bangsa (LBB) sebagai sebuah organisasi tingkat dunia terdiri dari badan-badan yang mempunyaitugas dan wewenang yang sesuai dengan yang telah ditetapkan. Badan-badan yang terdapat dalam organisasi LBB diantaranya:
1. Sidang Umum
Sidang dari semua anggota setiap tahun sekali di Jenewa. Tiap negara diwakili oleh 3 orang wakil, tetapi mewakili hanya satu suara. Tugas sidang umum LBB:
a. Merundingkan soal-soal dan memberikan nasehat (tidak mengikat)
b. Membuat rencana keuangan untuk biaya LBB
c. Memilih hakim-hakim untuk mahkamah internasional (di Den Haag)
d. Menerima anggota-anggota baru
e. Menetapkan atau mengubah perjanjian-perjanjian internasional
2. Dewan Keamanan
Keanggotaan Dewan Keamanan terdiri dari 15 orang sebagai wakil dari 15 negara anggota. Wakil-wakil negara-negara besar (anggota tetap) terdiri dari 5 orang wakil yang memiliki hak veto dan 10 orang wakil dari negara-negara anggota tidak tetap. Pergantian anggota tidak tetap dilakukan setiap 3 tahun. Tugas Dewan Keamanan ini adalah sebagai berikut:
a. Menyelesaikan perselisihan-perselisihan internasional
b. Menjaga negara-negara anggota terhadap serangan negara-negara lainnya
c. Pengurangan senjata
d. Membela dan melindungi Liga Bangsa-Bangsa

3. Sekretariat Tetap
Berkedudukan di Jenewa. Tugasnya adalah sebagai berikut
a. Melayani kebutuhan Liga Bangsa-Bangsa
b. Mencatat perjanjian-perjanjian internasional
4. Organisasi-organisasi tambahan
Terdiri atas panitia-panitia mengenai ekonomi, keuangan, teknik, kesehatan, mandate, ilmu pengetahuan dan perhubungan. Diantaranya adalah ILO (International Labour Organization) dan Mahkamah Internasional (Internasional Court of Justice)

Hasil-hasil perjanjian perdamaian Liga Bangsa-Bangsa antara lain
  1. Protokol Jenewa (1924)
  2. Perjanjian Locarno (1925)
  3. Perjanjian Kellog-Briand (Perjanjian Perdamaian Paris, 1928)
Hasil-hasil Liga Bangsa-Bangsa
  1. Soal kepulauan Aaland
  2. Soal Wilna
  3. Soal Mosul
  4. Soal Manchuria
  5. Soal Ethiopia
Penjelasan mengenai beberapa hasil yang telah dapat dicapai oleh LBB diantaranya:
1. Soal Kepulauan Aland
Kepulauan Aland merupakan daerah Finlandia, tetapi penduduknya sebagian besar bangsa Swedia yang ingin menggabungkan diri dengan negara Swedia. Aland tetap daerah Finlandia dengan status otonomi
2. Soal Wilna
Wilna merupakan ibu kota Lithuania. Tahun 1918 Wilna direbut oleh Rusia. Lithuania bersama-sama dengan Polandia berusaha untuk mengusir Rusia. Rusia berhasil diusir sampai keluar kota Wilna, tetapi Polandia mendudukinya dan tidak mau melepaskannya. Lithuania protes kepada LBB, tetapi LBB tidak dapat menyelesaikannya. Soal ini merupakan kegagalan LBB yang pertama, karena tidak berani bertindak tegas kepada Polandia.
3. Soal Mosul
Didalam menentukan batas antara Turki dengan Mesopotamia, timbul perselisihan paham antara Turki dengan Inggris (setelah Perang Dunia I, Mesopotamia menjadi mandate Inggris). Turki menginginkan Mosul menjadi daerahnya, tetapi Inggris menjadikan Mosul sebagai daerah mandatnya. Meskipun penduduk Mosul ingin masuk Turki, tetapi LBB memberikan Mosul kepada Inggris. Hal ini juga merupakan bukti bahwa kedudukan LBB mulai menjadi alat dari negara-negara besar.
4. Soal Manchuria
Manchuria merupakan daerah China yang diduduki oleh Jepang pada tahun 1931 dengan alasan menegakkan keamanan dan ketertiban akibat kekacauan yang ditimbulkan oleh bandit-bandit China. Jepang menjadikan Manchuria sebagai daerah merdeka dibawah pemerintahan Kaisar Pu-Yi. China protes dan LBB memerintahkan agar Jepang mengembalikan Manchuria kepada China. Jepanag menolak dan keluar dari LBB tahun 1933. LBB juga tidak dapat berbuat apa-apa, sehingga hal ini juga merupakan kelemahan dari lembaga itu.
5. Soal Abessynia (Ethiopia)
Abessynia sebagai anggota LBB yang diserbu oleh Italia tahun 1935. Kaisar Haile Selassi dari Abessynia protes di depan LBB. Badan ini menetapkan Italia sebagai aggressor dan menjatuhkan sangsi-sangsi ekonomi kepada Italia. Italia tidak mempedulikannya dan keluar dari LBB tahun 1937. Juga lembaga ini tidak berbuat apa-apa dan merupakan bukti dari kelemahannya.

Akhir sebuah Liga Bangsa-Bangsa
Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam perjalanannya ternyata tidak mampu bertahan lama. Munculnya Perang Dunia II menjadi bukti kegagalan Liga Bangsa-Bangsa. Faktor yang menyebabkan hancurnya Liga Bangsa-Bangsa antara lain
-          Tidak adanya peraturan yang mengikat dan semuanya dilakukan secara sukarela
-          Tidak mempunyai alat kekuasaan yang nyata dalam menindak setiap negara yang melanggar
-          Terlalu lemah terhadap negara-negara besar
-          Adanya pergeseran tujuan dari masalah keamanan ke masalah politik.
Karena Liga Bangsa-Bangsa tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik, kemudian fungsinya digantikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations Organization (UNO) pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Fransisco, Amerika Serikat.



Demikianlah Artikel Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan

Sekian Kunci gitar Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan dan artikel ini url permalinknya adalah https://lesmusikterbaik.blogspot.com/2017/02/mekanisme-kerja-liga-bangsa-bangsa.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

3 Responses to "Mekanisme Kerja Liga Bangsa - bangsa, sejarah, struktur, badan-badan, dan Tujuan"


  1. agen365 menyediakan game : sbobet, ibcbet, casino, togel dll
    ayo segera bergabung bersama kami di agen365*com
    pin bbm :2B389877

    BalasHapus
  2. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
  3. Mari Dukung Team Anda Bersama Kami di www(dot)Upd4teBett1ng(dot)co
    depo/wd hanya 50rb saja

    BalasHapus