Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya

Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya
Judul lagu : Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya

lihat juga


Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya

Paragraf Argumentasi  : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya


Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pasti mempelajari paragraf argumentasi, sudahkah anda mengetahui pengertian paragraf argumentasi? Dan jenis, ciri-ciri serta contohnya? Disini kami akan membahas mengenai pengertian paragraf argumentasi itu. Paragraf adalah bagian dalam suatu karangan yang mengandung satu gagasan pokok atau pikiran utama dan beberapa gagasan penjelas. Paragraf dapat pula diartikan sebagai suatu kesatuan pikiran yang lebih tinggi atau lebih luas dari kalimat. Paragraf merupakan himpunan dari kalimat kalimat yang bertalian dalam suatu rangkaian untuk membentuk suatu gagasan. Paragraf argumentasi adalah salah satu jenis paragraf yang sering sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti di dalam esai, tajuk atau wacana, dan teks-teks diskusi lainnya. Pengertian Paragraf Argumentasi, Argumentasi berasal dari kata argumen. Jadi paragraf argumentasi adalah paragraf yang isinya berupa pendapat atau sikap yang disertai dengan alasan-alasan, contoh-contoh dan bukti-bukti yang meyakinkan sehingga pembaca akan membenarkan isi paragraf tersebut. Nah itulah paragraph argumentasi, untul lebih detailnya simak yuk penjelasan di bawah ini:
Pengertian Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan cara menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, atau ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf ini adalah untuk menyakitkan, atau mempengaruhi pembaca agar memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis. 
Agar tujuan tersebut dapat tercapai, paragraf ini harus disertai dengan fakta-fakta aktual seperti data, hasil research,teori ahli, contoh, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat-pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat Anda tidaklah sekedar omong kosong dan pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran Anda. 
Sedangkan karangan argumentasi ialah karangan yang terdiri atas paparan alasan dan penyintesisan pendapat untuk membangun suatu kesimpulan. Karangan argumentasi ditulis dengan maksud untuk memberikan alasan, untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan. Corak karangan ini termasuk karangan yang paling sulit bila dibandingkan dengan corak karangan yang lain. Dalam hal ini tidak berarti bahwa karangan argumentasi lebih penting atau lebih berharga daripada jenis karangan-karangan yang lainnya, tetapi kesulitan tersebut muncul karena perlu adanya alasan dan atau bukti yang dapat meyakinkan, sehingga pembaca terpengaruh dan membenarkan gagasan, pendapat, sikap, dan keyakinan kita. Jadi, pada setiap karangan argumentasi selalu kita dapati alasan ataupun bantahan yang memperkuat ataupun menolak sesuatu secara sedemikian rupa guna mempengaruhi keyakinan pembaca sehingga berpihak kepada atau sependapat dengan penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi
Berdasarkan pengertian dan tujuan paragraf argumentatif diatas, sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai argumentatif apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.     Berisi pendapat, pandangan atau keyakinan penulis terhadap suatu permasalahan.
  1. Memiliki data-data yang faktual agar dapat digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  2. Menjabarkan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  3. Diakhiri dengan sebuah kesimpulan berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali dari topik utamanya.

Jenis-jenis paragraf argumentasi
Paragraf argumentasi dibagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:
1.        Paragraf argumentasirincian
Paragraf argumentasirincian adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa rincian. 
Contoh paragraf argumentasi rincian adalah.
Penggalian pasir yang terjadi di area dataran tinggi yang terdapat di aliran hulu sungai seharusnya mendpatkan perhatian dari pemerintah, karena jika dibiarkan berlarut-larut akan terjadi kerusakan alam yang bisa menyebabkan bencana yang dapat merugikan masyarakat setempat. bukti bencana alam akibat penggalian pasir di area perbukitan terbukti sebagai penyebab bencana alam antara lain:
Banjir bandang, salah satu contoh terbaru adalah banjir bandang di daerah garut yang teridentifikasi disebabkan oleh rusaknya area dataran tinggi di daerah hulu sungai cimanuk
Kerusakan alam, kerusakan alam yang terjadi adalah rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan.
Pencemaran lingkungan, asap kendaraan proyek penggalian pasir dan pengolahan batu menyebabkan penyakit ispa yang dialami oleh warga terdekat.
2.        Paragraf argumentasicontoh
Paragraf argumentasi contoh adalah paragraf yang berisi pendapat dan alasan penulis yang disertai beberapa contoh sebagai bukti bahwa pendapat penulis benar dan tidak dapat disangkal lagi oleh pembaca.
Contoh dari Paragraf argumentatif contoh.
Facebook memang dibuat khusus untuk media pertemanan secara online namun pada kenyatannya media sosial yang satu ini tidak selamanya memberikan dampak positif, ini dibuktikan dengan adanya beberapa tindakan kriminal yang bersumber dari media sosial ini contohnya, misalnya, penculikan, penipuan dan dampak negatif lainnya yang berhasil diungkap oleh kepolisian, oleh karena itu bijak dan selalu berhati-hatilah ketika menggunakan aplikasi ini.
3.        Paragraf argumentatif sebab-akibat
Paragraf argumentatif sebab-akibat adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu sebab-sebabnya dan diakhiri dengan pernyataan sebagai akibat dari sebab tersebut
Contoh Paragraf argumentatif sebab akibat:
Musim penghujan merupakan momok bagi sebagian warga yang tinggal di kota megapolitan seperti jakarta. Betapa tidak, setiap musim penghujan datang debit air di beberapa sungai selalu meningkat, jika peningkatan ini terjadi setiap hari maka lama kelamaan air akan meluap. Ditambah dengan tumpukan sampah di sungai menyebabkan pendangkalan sungai semakin cepat terjadi. Jika pemerintah tetap tutup mata dengan peristiwa ini maka air sungai yang meluap dapat menyebabkan banjir. Tidak hanya itu, sampah yang ikut terbawa banjir juga dapat menyebabkan penyakit pada warga sekita.
4.        Paragraf argumentatif akibat sebab
Paragraf argumentatif akibat-sebab adalah paragraf yang dikembangkan dengan menyampaikan terlebih dahulu akibatnya, kemudian dicari penyebabnya.
Contoh Pragraf argumentatif akibat sebab:
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumberdaya alam, Mulai dari tambang batu bara, hutan hujan hingga sektor laut pada umumnya dapat dimaksimalkan untuk mendongkrak pendapatan negara. Namun pada kenyataannya hampir setengah dari suber daya alam yang kita miliki telah dikuasai oleh investor asing. Peristiwa ini disebabkan karena kurangnya kemampuan Negara Indonesia untuk mengolah sumberdaya tersebut. Disamping itu faktor pengetahuan dan keterampilan pemerintah indonesia juga masih sangat kurang jika dibandingkan dengan investor dari luar negeri.

Langkah langkah membuat paragraf argumentasi
1.      Menentukan tema atau topik permasalahan yang akan dibahas,
2.      Merumuskan tujuan penulisan,
3.      Mengumpulkan data atau bahan. Data itu bisa berbentuk: bukti-bukti, fakta, atau pernyataan yang mendukung.
4.      Membuat kerangka karangan.
5.      Mengembangkan kerangka karangan yang telah dibuat sehingga menjadi karangan.

Struktur Paragraf Argumentasi :
- Pernyataan Masalah
- Alasan / data / fakta pendukung
- Pembenaran berdasarkan data / fakta
 - Kesimpulan
Tujuan yang ingin dicapai melalui pemaparan argumentasi, adalah :
1. melontarkan pandangan / pendirian
2. mendorong atau mencegah suatu tindakan
3. mengubah tingkah laku pembaca
4. menarik simpati

Contoh Paragraf Argumentasi
(1)Selokan ini sangat kotor. Sampah sampah berserakan di sana sini. Nyamuk senang bersarang dan bertelur di sini karena airnya menggenang. Oleh sebab itu kita harus membersihkan selokan ini supaya air lancar mengalir. Dengan demikian nyamuk tidak akan bersarang dan bertelur di tempat ini.
(2)Pemakaian bahasa Indonesia di seluruh daerah di tanah air dewasa ini belum bisa dikatakan seragam. Perbedaan dalam struktur kalimat, lagu kalimat, ucapan kalimat terlihat dengan mudah. Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan, sering dikalahkan oleh bahasa daerah. Di lingkungan persuratkabaran, radio dan tv pemakaian bahasa indonesia belum lagi dapat dikatakan sudah terjaga baik. Para pemuka kita pun pada umumnya juga belum memperalihatkan penggunaan bahasa Indonesia yang terjaga baik. Fakta fakta di atas menunjukkan bahwa pengajaran bahasa Indonesia perlu lebih ditingkatkan. 



Demikianlah Artikel Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya

Sekian Kunci gitar Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya dan artikel ini url permalinknya adalah https://lesmusikterbaik.blogspot.com/2017/02/paragraf-argumentasi-pengertian-contoh.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

2 Responses to "Paragraf Argumentasi : Pengertian, Contoh Jenis dan Ciri-Cirinya"

  1. AJOQQ menyediakan 8 permainan yang terdiri dari :
    Poker,Domino99 ,BandarQ,BandarPoker,Capsa,AduQ,Sakong,Bandar66 ( NEW GAME )
    Ayo segera bergabung bersama kami di AJOQQ :)
    Bonus : Rollingan 0.3% dan Referral 20% :)

    BalasHapus
  2. Gabung bersama kami agen terpercaya di Indonesia (updatebetting)

    BalasHapus