Makalah Microsoft Office 2013

Makalah Microsoft Office 2013 - Hallo sahabat Chord Gitar Indonesia, Pada sharing Kunci gitar kali ini yang berjudul Makalah Microsoft Office 2013, saya telah menyediakan lirik lagu lengkap dengan kord gitarnya dari awal lagi sampai akhir lagu. mudah-mudahan isi postingan kunci gitar yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia chord gitarnya.

Penyanyi : Makalah Microsoft Office 2013
Judul lagu : Makalah Microsoft Office 2013

lihat juga


Makalah Microsoft Office 2013



Makalah Microsoft Office 2013
KATA PENGANTAR
Atas segala rahmat dan syukur kamipanjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kemudahan kepada kami dalam menyelesaikan makalah yang berjudul Microsoft Office 2013 ini dengan lancar. Tanpa pertolongan-Nya mungkin kami tidak akan sanggup menyelesaikan tugas ini dengan baik yaitu makalah yang berjudul Microsoft Office 2013
            Makalah ini dibuat dengan maksud untuk memenuhi tugas mata pelajaran TIK. Makalah ini juga disusun agar pembaca dapat mengetahui sejarah perkembangan Microsoft Office 2013 daripertama hinggasaat ini, dan diharapkan juga mampu mengoperasikannya.
            Penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam pembuatan makalah ini.
            Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Pastinya dalam makalah ini terdapat kekurangan dan kelebihan. Penulis berharap saran dan kritik dari pebaca yang sifatnya membangun. Dan tak lupa kami ucapkan banyak Terima kasih.



Puger, Februari 2017

Penulis









DAFTAR ISI


Sampul Halaman                                                                                                                     i
Kata Pengantar                                                                                                                       ii
Daftar Isi                                                                                                                                 iii
Bab I        Pendahuluan                                                                                                           1
Bab II      Pembahasan                                                                                                            2
A.       Microsoft Office Word 2013                                                                          2
B.       Microsoft Office Excel 2013                                                                          13
C.       Microsoft Office Power Point 2013                                                               17
Bab III     Penutup                                                                                                                  19
A.       Kesimpulan                                                                                                     19
B.       Saran                                                                                                               19
DaftarPustaka




BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Pada saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Microsoft office merupakan program aplikasi perkantoran terbaru Microsoft. Kemampuannya yang komplit membuat Microsoft Office menjadi pilihan utama bagi para pengguna komputer untuk menangani masalah bisnis maupun personalnya dalam bidang pengolahan kata, data, presentasi, dan database. Office 2010 ini mempunyai beberapa varian di dalamnya, yaitu Word, Excel, PowerPoint, Access, dan lain-lain.
Microsoft Office 2013 adalah sebuah suite produktivitas untuk Microsoft Windows, dan penerus Microsoft Office 2010. Office 2013 termasuk mendukung format file diperpanjang, update user interface, dan pengalaman pengguna yang mengubah.  Sebuah versi 64-bit dari Office 2013 tersedia, meskipun tidak untuk Windows XP atau Windows Server 2003.
Office 2013 menandai debut versi online gratis Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, yang bekerja di web browser Internet Explorer, Firefox, Chrome dan Safari, tapi tidak Opera. Office Starter 2010, edisi baru Office, digantikan low-enddi rumah perangkat lunak produktivitas, Microsoft Works.
Pembaruan Microsoft untuk suite produktivitas mobile, Office Mobile 2013, juga akan dirilis untuk Windows berjalan Telepon Windows Mobile 6.5 dan Windows Phone 7. Di Office 2013, setiap aplikasi fitur pita termasuk Outlook, OneNote, Publisher, InfoPath, SharePoint Workspace (sebelumnya dikenal sebagai Groove), dan Kantor baru Web Apps.

B.       Rumusan Masalah
Sehubungan dengan adanya masalah yang timbul maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
a.     Sejarah dan perkembangan Microsoft OFFICE .
b.    Fitur-fitur terbaru yang terdapat pada Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint OFFICE 2013.
c.     Kelebihan yang terdapat pada Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint OFFICE 2013.

C.      Tujuan
Setelah membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat:
a.     Memahami sejarah dan perkembangan Microsoft Office 2013
b.    Mampu menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office dalam    kehidupan sehari-hari.
c.     Memberikan informasi tentang aplikasi yang ada pada Microsoft Office.

D.      Tujuan
Dengan adanya penulisan makalah ini penulis berharap bermanfaat bagi:
a.     Diri penulis untuk melengkapi tugas akhir praktikum di laboratorium dan untuk mendalami masalah yang ada pada objek penulisan.
b.    Pihak – pihak yang ingin memperoleh informasi tentang objek penulisan ini baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan.





BAB II
PEMBAHASAN

A.      Perkembangan Microsoft Office word
1.    Microsoft Office 98.(Office 8.0)
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan dibandingkan versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dibuat lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga memiliki fitur Natural Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant.
2.    Microsoft Office 2003.(Office 11.0)
Sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dikembangkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutama untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009.
Microsoft Office 2003 adalah seri lanjutan dari aplikasi Microsoft Windows XP yang telah diperbaiki dan ditambahkan beberapa fitur baru diantaranya, dalam aplikasi Microsoft Office 2003 juga terdapat beberapa fitur seperti Microsoft Word, Microsoft Excel 2003, Microsoft Power Point 2003, Microsof Acces dan lain-lainnya. Aplikasi baru tersebut salah satunya adalah One Note. Aplikasi ini berfungsi mengendalikan sebuah fungsi teks, sebuah file audio dan gambar menjadi satu tempat.
Selain itu juga tersedia Microsoft Outlook yang berfungsi mengontrol dan memudahkan kita pada beberapa fitur seperti pengiriman e-mail, informasi tentang kalender, dan lebih mudah untuk menemukan beberapa folder yang memiliki format microsoft.
Fitur Microsoft office Acces 2003, juga mampu mem-backup data, melakukan pengecekan untuk beberapa file yang rusak. Sementara itu fitur Microsoft Front Page 2003 merupakan sebuah solusi yang ditawarkan untuk membuka file dengan format web. Fitur ini didukung juga oleh beberapa aplikasi tambahan seperti Adobe Flash. Toolbar pada Microsoft Office 2003 juga sudah diperbaiki dan terasa lebih nyaman.
Beberapa toolbar penting dalam penggunaan Microsoft Word 2003 di antaranya sebagai berikut.
a.         File.
b.        Edit.
c.         View.
d.        Insert.
e.         Tools.
f.         Format.
g.        Table.
Menu ini berfungsi untuk membuat tabel sesuai dengan yang kita inginkan. Mulai dari membaut kolom, jumlah kolom, tombol otomatis untuk merapikan kolom, dan hal lainnya.
3.    Microsoft Office 2007. (Office 12.0)
Versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga adanya Groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki design tampilan baru yang bernama Fluen User Interface. Lalu adanya Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar. Untuk penginstallannya membutuhkan minimal Windows XP SP 2. Pada tahun 2009 Office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan Office 2003. Indonesia memang agak lambat untuk menyesuaikan diri dengan adanya peningkatan teknologi.
Office 2002 maupun di Office 2003 masih bisa digunakan. Namun kali ini Microsoft merobak total dan kalau kita ingat hampir sama ketika Microsoft merobak total Windows 3.1 dan Windows 3.11 ke Windows 95 dan Windows NT.
Menurut Junita Leeman, Marketing Manager Microsoft Office Indonesia “Microsoft Office 2007 hadir dengan fasiltas yang disebut dengan Ribbon. Ribbon ini dimaksudkan untuk memudahkan pengguna menggunakan semua features yang ada di Office 2007 dengan one klik hingga waktu pengerjaan bisa dihemat dengan sangat berarti, demikian Junita menjelasakan salah satu kelebihan Microsoft Office 2007 yang diluncurkan tanggal 7 Desember 2006.
Perubahan yang cukup signifikan dari Office 2007 ini antara lain User Interface. Coba perhatikan perubahan ini terlihat pada Word, Excel, dan PowerPoint. Pada aplikasi ini nyaris tidak terlihat menu-menu seperti versi sebelumnya. Di sini semua menu diganti dengan penampilan ikon yang inopatif dan informatif.
Dengan sedikit menu dan nyaris tidak terlihat sub menu ini akan memudahkan bagi pemakai. Beberapa Interface yang ada di Office 2007 yang dirombak secara total antara lain tombol-tombol menu, sehingga menu yang terdapat pada Office 2007 lebih transparan dan teratur sehingga mudah penggunaannya.
Menu dropdown yang ada pada versi sebelumnya kini hampir tidak ada, pada menu home misalnya, terdapat pilihan Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing. Sedangkan untuk pilihan-pilihan yang tersedia berbentuk horizontal dan menggabungkan teks dan icon sehingga sangat mudah dan tidak perlu masuk dari menu ke sub menu.
Pada versi lama Menu File merupakan menu awal yang sangat berguna untuk melakukan setting awal, seperti untuk menentukan ukuran kertas, menyimpan file, mencetak file dan sebagainya. Pada Office 2007 menu tersebut berubah total. Menu File pada sebelumnya kini hadir dengan sebuah ikon lingkaran dengan logo Office yang terletak di pojok kiri atas. Ketika pemakai mengkliki ikon tersebut akan tampak pilihan-pilihan New, Open, Convert, Save, Save As, dan lain-lain. Perubahan menu ini berlaku untuk semua keluarga Microsoft Office 2007. Jadi kalau Anda sudah membuka Microsoft Word 2007, maka ketika masuk ke aplikasi lainnya menu yang ditampilkan relatif hampir sama. Dengan demikian pemakai tidak akan kerepotan karena semua pilihan sudah bisa digunakan tanpa harus tersesat.
Berikut ini beberapa hal penting yang membedakan Office 2007 dari Office versi-versi sebelumnya.
a.       Tampilan (User Interface)
b.    Perbaikan Aplikasi-aplikasinya
c.    Interaksi yang Lebih Mudah dengan Dunia Maya
d.    SmartArt
e.    Format File
4.    Microsoft Office 2010. (Office 14.0)
Untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karena adanya takhayul terhadap nomor 13! Aplikasi yang diberi nama Office 14, atau kadang disebut juga Office 2010 itu memang telah dipersiapkan Microsoft dengan matang untuk menjadi jagoan baru Microsoft Office. Office 2010 mungkin terlebih dahulu datang pada versi beta kuartal ketiga 2009. Baru kemudian, versi lengkapnya di pertengahan 2010,Walaupun belum lengkap, terdapat  banyak fitur  menarik yang ditawarkan Microsoft Office 2010 ini. Diantara fitur baru yang menarik adalah :
a.    Tampilan Splash Screen lebih keren :
b.    File Atrribute langsung ditampilkan ketika kita klik Tombol Office (yang didalamnya memuat menu Open, Save, Close, Exit, Print, dll)

c.         Pengaturan Page Setup dan Print dalam satu Halaman pada Print Preview, sehingga lebih cepat dalam mengatur Dokumen yang akan dicetak
d.        Support untuk menyimpan file dalam format PDF, XPS Dokumen, Open Documet, dll
e.         Dilengkapi Screenshoot, yaitu fungsi untuk meng-insert gambar dari jendela-jendela Software yang sedang aktif pada Windows, semudah memasukkan gambar dari Clip Art
f.         Pada Power Point, kita dapat mengedit tabel dari Microsoft Excel (support Insert Object Microsoft Excel)
Berikut adalah pemaparan beberapa fitur baru yang disematkan Microsoft ke dalam Microsoft Office 2010:
a.    Penyimpanan Dokumen
b.    Video di Dalam Presentasi Anda
c.    Quick Steps in Outlook
d.    Simpan Sebagai File PDF
e.    Cetak Dokumen
Microsoft telah merubah dialog box untuk mencetak dokumen dan hal ini merupakan peningkatan yang luar biasa. Sebagai contoh, Anda dapat melakukan setting printer (seperti margin halaman, dll) dan melihat perubahannya pada setiap halaman.
5.    Microsoft Office 2013.(Office 15)
Office 2013 adalah lebih "berbasis cloud" dari versi sebelumnya.  Hal ini terkenal sebagai lokasi default save adalah pengguna SkyDrive .  Juga, Microsoft berharap bahwa pengguna akan mendapatkan Office 2013 sampai Office 365 .
Microsoft Office 2.013 termasuk dukungan diperbarui untuk ISO / IEC 29500, versi Standar Internasional Office Open XML (OOXML) format file serta OASIS ODF 1.2 [14] yang Office 2.013 dapat membaca dan menulis. [15] Selain itu, Kantor 2.013 menyediakan penuh membaca, menulis, dan mengedit dukungan untuk ISO32000 (PDF).
Microsoft juga mendukung Office Open XML Ketat, format yang Microsoft telah disampaikan kepada ISO untuk interoperabilitas dengan suite kantor lainnya, dan untuk membantu adopsi di sektor publik. [16]
Fitur baru juga termasuk modus Baca baru di Word, mode Presentasi dalam PowerPoint dan sentuhan ditingkatkan dan tinta dalam semua program Office.  Microsoft Word juga dapat menyisipkan video dan audio dari sumber online serta kemampuan untuk menyiarkan dokumen di Web. [17] Word dan PowerPoint juga memiliki bookmark-seperti fitur yang sinkron posisi dokumen antara komputer yang berbeda.
Fitur Office 2.013 meliputi:
a.    Sentuh mode bersama dengan perangkat sentuh.
b.    Datar terlihat dari antarmuka Ribbon dan animasi yang halus saat mengetik atau memilih (Word dan Excel)
c.    Microsoft Outlook sekarang memiliki visualisasi baru untuk tugas-tugas yang dijadwalkan
d.    Baru Mulai Pengalaman
e.    Baru grafis pilihan dalam Microsoft Word
f.     Baru keselarasan garis saat benda bergerak
g.    Gambar dukungan online dengan konten dari Office.com, Bing . com dan Flickr
h.    Lanjutkan Membaca di Word dan PowerPoint
i.     Desain slide baru, animasi dan transisi dalam PowerPoint 2.013
j.     Dukungan untuk Outlook.com dan Hotmail . com di Outlook
k.    Dukungan untuk Skype dan Yammer
l.     Excel 2.013 mendukung batas model baru.
Berikut adalah beberapa fitur yang dihapus dari Microsoft Office 2013.
Dihapus dari seluruh paket
a.    Microsoft Clip Organizer
b.    Microsoft Office Picture Manajer
c.    Office 2007 dan Office 2010 gaya grafik
d.    Kemampuan untuk menyisipkan Cone 3D, Piramida, atau Bagan Cylinder
Fitur dihapus dari Microsoft Word
a.    Custom XML Markup telah dihapus karena alasan hukum
b.    Objek WordArt tua yang sekarang menjadi objek WordArt baru
Fitur dihapus dari Microsoft Access
c.    Akses Data Proyek (ADP)
d.    Dukungan untuk Jet 3.x IISAM
e.    Akses kontrol OWC
f.     dukungan dBASE Suite [19]
Fitur dihapus dari Microsoft Outlook
a.    Unduh modus Header Hanya untuk IMAP [20]
b.    Outlook Exchange Klasik secara offline
c.    Cleanfreebusy beralih
d.    Kemampuan untuk mengimpor / Ekspor ke Aplikasi
e.    Catatan dan kustomisasi Journal
f.     Outlook Kegiatan tab
g.    Outlook Mobile Service (OMS)
h.    Outlook Cari melalui Windows Shell [19]
Fitur dihapus dari Microsoft PowerPoint
Dukungan untuk Menggambar Visio

B.       Perkembangan Microsoft Office Excel
Microsoft Excel merupakan software untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif,  menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Berikut Istilah dalam Microsoft Excel selengkapnya :
1.    Cell :  merupakan  bagian  terkecil  dari worksheet yng dapat diisi dengan jumlah karakter (max. 255 karakter) isi     cell        dapat     berupa   value,  formula  atau  text.  Contoh :  cell  A3, cell D5
2.    Worksheet (lembar Kerja): merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3.    Workbook (buku kerja): merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel sheet1 sampai sheet 256)
4.    Range: merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A4:D6 → range mulai dari cell A4 sampai cell D6
5.    Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh : cell hingga nilai tidak akan berubah.
Contoh : Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi $A5*7
6.    Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar. Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3 menjadi $A$1*5
7.    Name Box: menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh : Holla nama lain range A5:G7
*     Menulis Rumus
a.    Operasi Logika
Dibawah ini terdapat operasi logika anda dapat menggunakan operasi resali atau perbandingan dengan lambang yang digunakan pada Excel dan fungsinya sebagai berikut :
1)    =     :      sama dengan
2)    >     :      lebih besar dari
3)    =     :      lebih besar atau sama dengan
4)    <=   :      lebih kecil atau sama dengan f. : tidak sama dengan
*     Menggunakan Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel 2003, yang akan membantu dalam proses perhitungan. Kita tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Umumnya penulisan Fungsi harus dilengkapi dengan argumen, baik erupa angka, label, rumus, alamat sel atau range. Argumen ini harus ditulis dengan diapit tanda kurung ( ).
      Fungsi Logika
Fungsi logika adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan perhitungan-perhitungan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan fungsi logika yang digunakan adalah :
a.    Fungsi If :
       Bentuk penulisannya : =If(kondisi,nilai jika benar,nilai jika salah)
       Contoh : =If(A530,”panas”,if(A5>0,”hangat”,”dingin”))
b.      Fungsi String
       Fungsi string berfungsi untuk mengubah isi text numeric menjadi bilangan
c.         Fungsi VALUE :
digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text,
 penulisannya : =VALUE(text)
d.    Fungsi FIND :
 digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari, penulisannya : =FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
e.    Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)
f.     Fungsi LEFT atau RIGHT :
digunakan untuk mengambil substring sebelah kiri atau kanan string, penulisannya =LEFT atau =RIGHT(text,jumlah karakter)
g.    Fungsi REPLACE :
digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),
penulisannya : =REPLACE(text lama,nomor awal,jumlah karakter,text baru)
h.    Fungsi CONCATENATE:
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,
penulisannya : =CONCATENATE(text1,text2,…)
*     Fungsi Tabel:
Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP),
penulisanya : =HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi yang sering digunakan
a.         fungsi Sum :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : =SUM(number1,number2,..)
b.    Fungsi Average :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya : =average(number1,number2,…)
c.    Fungsi Max:
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
d.    Fungsi Min:
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
e.    fungsi Count :
Digunakan untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
g.      Fungsi Stedev :
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =stedev(number1,number2,…
g.    Fungsi Var :
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =var(number1,number2,…)

C.      Microsoft Office Power Point
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
Ada empat jenis layout pada Office Theme yaitu:
1.    Teks Layouts, yang berisi Layout khusus untuk menampilkan teks saja, terdiri dari Title Slide yaitu slide untuk judul/awal presentasi, Title Only hanya memuat judul saja, Title and Teks memuat judul dan penjelasannya, Title and 2 colom memuat judul dan pembahasan yang disajikan dalam bentuk 2 kolom.
2.    Content Layouts, yang berisi Gambar, bagan, diagram dengan lima bentuk yaitu: Blank artinya kosong, Content berisi isinya saja, Title and Content untuk menampilkan judul dan Isinya, Title and two Content untuk menmpilkan judul dan dua isi yang disajikan dalam dua kolom, Title, Content and 2 Content sama dengan Title and Content hanya Content kolom kedua dipecah lagi menjadi dua baris, Titel 2 Content and Content sama dengan sebelumnya hanya yang kiri yang dipecah dua, Title and 4 Content sama dengan sebelumnya hanya kiri dan kanan masing-masing dipecah dua.
3.    Text and Contents Layout
Yaitu gabungan antara teks dengan gambar, bagan atau diagram, anda dapat memilih salah satu model yang diinginkan.
4.    Other Layout
Model Slide out yang lain, misalnya dengan clip art, media dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan

D.      Review pada Microsoft Office 2013
Setetah 3 tahun Microsoft Office 2010 dirilis, dan setelah 6 bulan sejak dirilisnya Windows 8, Microsoft telah merilis Microsoft Office 2013.
Microsoft Office 2013 menjanjikan banyak peningkatan fitur dan performa dari Microsoft Office 2010 yang semakin memudahkan pekerjaan. Tidak hanya fitur saja, namun user interface dan banyak aspek telah berubah dari versi sebelumnya.
Jadi, apakah Microsoft Office 2013 merupakan upgrade yang menarik dan bisa melanjutkan kejayaan dari Microsoft Office 2010? Bacalah review ini untuk menemukan jawabannya.
1.     System Requirements:
System Requirements untuk Microsoft Office 2013 terlihat cukup mirip dengan Microsoft Office 2010. Tersedia dalam versi 32 bit dan 64 bit.
Processor: 1 GHz, RAM: 2GB, Hard Disk: 3GB free space, Operating System: Windows 7 dan Windows 8
2.     Support Untuk Tablet:
Microsoft Office 2013 tersedia dalam varian untuk tablet, meskipun hanya bisa dijalankan di Windows 8 versi tablet (Windows 8 RT). Semua tablet yang menggunakan Windows 8 RT mendapatkan Microsoft Office 2013 Home and Student edition secara gratis dan sudah diinstalasikan. Dukungan multi-touch telah disempurnakan, meskipun tetap interface masih jauh lebih enak jika dinavigasi menggunakan mouse.
3.     Edisi Microsoft Office 2013:
Terdapat dua versi distribusi Microsoft Office 2013, yaitu Office 365 dengan Office 2013 tradisional:
1)   Office 365:
Merupakan edisi subskripsi (sewa software) yang berlaku selama 1 tahun, yang dapat diperpanjang setiap tahun, dan dapat digunakan di 5 perangkat. Terdapat ekstra 20GB storage SkyDrive dan 720 menit telepon internasional gratis Skype selama 1 tahun.
Yang unik dari Office 365 adalah semua edisi mendapatkan akses ke Microsoft Office 2013 Professional. Terdapat dalam edisi:
-          Home Premium – Untuk versi rumahan dan non komersil
-          University – Edisi special untuk mahasiswa, seperti versi Home Premium, dapat digunakan selama 4 tahun, tetapi hanya dapat digunakan untuk 2 perangkat
-          Small Business Premium – Terdapat tambahan layanan hosting Exchange, SharePoint dan Lync (Small Business tidak termasuk paket Office 2013)
-          ProPlus – Terdapat akses untuk Microsoft Office 2013 Professional Plus, untuk 25 pengguna
-          Midsize Business – Untuk pengguna bisnis sampai 250 pengguna, terdapat akses untuk Microsoft Office 2013 Professional Plus dan layanan hosting Exchane, SharePoint, dan Lync
-          Enterprise – Diperuntukan untuk perusahaan besar
2)   Microsoft Office 2013:
Merupakan edisi tradisional yang bisa digunakan selama yang anda mau. Terdapat dalam edisi:
-          Home and student – Untuk versi rumahan dan non komersil, terdapat produk word, excel, powerpoint dan onenote
-          Home and Business – Untuk pengguna bisnis kecil, terdapat tambahan produk outlook
-          Standard – Untuk pengguna bisnis menengah, terdapat tambahan produk publisher (hanya tersedia dalam volume licensing)
-          Professional – Untuk pengguna bisnis besar, terdapat tambahan produk access
-          Professional Plus – Untuk pengguna bisnis besar yang memerlukan tambahan fitur, terdapat tambahan produk InfoPath dan Lync (hanya tersedia dalam volume licensing)

E.       Fitur Baru Microsoft Office 2013:
1.    Start Screen:
Saat pertama kali pengguna membuka program office 2013, pengguna akan disapa oleh start screen, dimana pengguna bisa memilih dokumen dari tema yang sudah tersedia, atau untuk membuka dokumen yang baru dibuka.
Fitur ini merupakan sesuatu yang bagus ditambahkan, meskipun beberapa pengguna yang tidak menggunakan templates akan merasa terganggu. Tetapi fitur ini dapat dimatikan.
2.    Ribbon yang baru:
Desain Microsoft Office 2013 telah berubah, dari desain yang menggunakan banyak efek transparan dan ikon yang memanjakan mata menjadi desain yang simple dan minimalis.
Meskipun perubahan user interface terasa sekali ketika pengunaan pertama kali, tetapi perbedaan tidak begitu besar jika dibandingkan dengan Microsoft Office 2010.
Salah satu fitur yang menarik yaitu ribbon yang dapat di auto-hide
1)      Integrasi dengan SkyDrive:
Salah satu fitur yang menarik dari Microsoft Office 2013 yaitu tombol sign in di ujung kanan atas layar, yang setalah di sign in akan memunculkan nama mengguna.
Lebih dari itu, pengguna akan ditawarkan opsi untuk menyimpan dokumen di Windows Live SkyDrive. Sesuatu perubahan yang lebih mencolok, yaitu pengguna akan menyimpan dokumen secara default di SkyDrive.
Selain dari dokumen, settings juga akan disimpan dan disamakan setiap pengguna melakukan sign in dengan menggunakan device lain.
2)      Online Video:
Selain dari media yang disimpan di dalam komputer, pengguna dapat menampilkan media yang terdapat dari internet, seperti video di youtube.
Ini dapat memudahkan pengguna, karena dalam versi office sebelumnya, video dari youtube tidak dapat ditampilkan di dalam dokumen.
3)      Read Mode:
Orang sering menggunakan Microsoft Office untuk membuat dokumen, dan untuk pekerjaan tersebut sudah biasa. Namun jika orang ingin membaca dokumen atau presentasi yang panjang, pengguna harus menggeser scrollbar, karena tidak semua isi dari dokumen tersebut muat di satu layar. Tentu itu tidak natural. Dalam versi office terbaru ini, ada read mode yang memungkinkan pengguna membaca dokumen seperti halnya membaca buku.
Dengan fitur ini, tidak ada acara scrolling scrollbar ketika membaca dokumen panjang, dan membaca di Microsoft Office akan menjadi lebih natural.
4)      Resume Reading:
Jika anda menggunakan Microsoft Office versi terdahulu dan anda sedang mengerjakan dokumen panjang, setelah anda menutup dokumen dan ingin membuka kembali, pasti dokumen akan dibuka dimulai dari halaman pertama. Tetapi di versi terbaru, maka setelah dokumen dibuka, halaman dimana anda terakhir bekerja akan terbuka.
Tentu fitur ini sungguh berguna untuk anda yang sering bekerja dengan dokumen yang panjang
5)      Animasi User Interface:
Animasi User Interface terlihat lebih mulus dan lebih elegan dibanding versi office sebelumnya. Contoh animasi yaitu ketika anda sedang mengetik, memilih kolom di excel, atau scrolling dokumen. Semua terlihat lebih halus.
-          Microsoft Word 2013:
Membuka dan Meng-edit File PDF:
Sebuah fitur unik dari Microsoft Word 2013 yaitu file PDF dapat dibuka dan di-edit layaknya file dokumen.
-          Microsoft Excel 2013:
Flash Fill:
Mengisi data dalam excel tentu membuat frustrasi, jika Microsoft Excel tidak mengenal pattern dari pengisian data. Namun dalam Microsoft Excel 2013, pengenalan data ditingkatkan dan dengan menggunakan fitur flash fill, Microsoft Excel akan mempelajari data yang diisi, sehingga lebih banyak jenis data yang dapat di fill.
Analisa Data:
Fitur ini memungkinkan pembuatan tabel atau grafik dari data yang sudah ada tanpa merubah data yang sudah ada.
Juga terdapat fitur yang melakukan rekomendasi grafik bedasarkan jenis data anda.
-          Microsoft PowerPoint 2013:
Presenter View Baru:
Presenter View merupakan view yang sangat penting untuk presentasi di dua layar. Dalam versi ini, presenter view telah ditingkatkan fiturnya. Sekarang presenter view dapat dibuka meskipun hanya mempunyai 1 layar.
Widescreen:
Powerpoint 2013 mendukung format widescreen, dimana kebanyakan tv dan monitor menggunakan resolusi widescreen. Tidak hanya widescreen, powerpoint masih mendukung format layar tradisional
Online Meeting:
Sekarang powerpoint mempunyai fitur online meeting, dimana pengguna dapat menampilkan slide show kepada banyak orang secara online
Konklusi:
Terdapat banyak peningkatan dan perubahan di Microsoft Office 2013 ini, beberapa perubahan terorientasi untuk membuat Microsoft Office tablet and touch friendly. Namun tidak semua perubahan untuk tablet. Juga terdapat banyak perubahan dimana fitur tersebut menghemat waktu dan memberikan nilai tambah kepada pengguna. Perubahan yang ditawarkan cukup banyak, tetapi tidak membuat pengguna harus mempelajari software ini kembali.




BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
1.    Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajar untuk menguasai ilmu computer seperti Ms. Office (Word, Exeel dan Power Point).
2.    Para siswa minimal harus tahu cara mengoprasikan computer terutama Ms. Word.
3.    Ms. Word sebagai salah satu ilmu computer yang paling banyak dioprasikan diseluruh dunia.

B.   Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan ke system pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu computer yang harus dilakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan Negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis  merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengeti lagi mengenai apa itu computer dan Ms. Word.















DAFTAR PUSTAKA

lhttp://notcupz.blogspot.com/2011/04/sejarah-microsoft-office-98-2003-2007.html



Demikianlah Artikel Makalah Microsoft Office 2013

Sekian Kunci gitar Makalah Microsoft Office 2013, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel Makalah Microsoft Office 2013 dan artikel ini url permalinknya adalah https://lesmusikterbaik.blogspot.com/2017/03/makalah-microsoft-office-2013.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

16 Responses to "Makalah Microsoft Office 2013"

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    BalasHapus
  2. agen365 menyediakan game : sbobet, ibcbet, casino, togel dll
    ayo segera bergabung bersama kami di agen365*com
    pin bbm :2B389877

    BalasHapus
  3. F4ns Bett1ng
    B0l4, C4sin0, s4bun9 4yam, T0gel dll.. dp50 wd50

    BalasHapus
  4. agen365 menyediakan game : sbobet, ibcbet, casino, togel dll
    ayo segera bergabung bersama kami di agen365*com
    pin bbm :2B389877

    BalasHapus
  5. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  6. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus
  7. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

  8. I0nQQ*C0m
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.

    BalasHapus
  9. mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add black.berry pin 58CD292C.
    WwW-AJoQQ online-c0m | bonus rollingan 0,3% | bonus referral 20% | minimal deposit 15000

    BalasHapus
  10. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    BalasHapus
  11. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

  12. I0nQQ*C0m
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.

    BalasHapus

  13. mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
    deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R

    BalasHapus

  14. ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000

    BalasHapus
  15. AYO Bergabung Bersama AJOQQ | Menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 8 Permainan Poker, Domino, Capsa Susun, BandarQ, AduQ, Bandar Poker, Sakong, Bandar66 ( NEW GAME!! )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    - Bonus Cashback 0.3%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    - Bonus referral 20% SELAMANYA
    - Minimal Deposit dan Withdraw hanya 15 rb Proses Aman & cepat
    - 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Pin BB: 58cd292c
    website : www.ajoqq.org

    BalasHapus
  16. buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    PIN BB : 5EE80AFE :)

    BalasHapus